Minggu, 9 Agustus 2020
News & Nature

Sembilan Bulan Letusan Galunggung

Senin, 13 Juli 2020

Gunung Galunggung telah mengirim pasir kelas satu dalam jumlah yang sangat berlimpah

404fb358-b6f2-4382-ac5b-5d4e5c0d53c0.jpg
T Bachtiar

Dalam mendukung pengembangan ekowisata yang bernilai edukasi dan mendorong upaya konservasi, pekan ini, kabaralam.com menyajikan serial artikel perjalanan Gunung Galunggung. Artikel ini merupakan tulisan pertama dari tiga tulisan. 

_____________________________________________________________

 

Oleh: T. Bachtiar (Redaktur Senior Kabaralam.com).

Kota Tasikmalaya, 5 April 1982. Hujan abu semakin lebat menimbun genting dan memenuhi halaman. Tetumbuhan yang hijau berubah menjadi kelabu. Rumah, kebun, kolam, sawah, tertimbun hujan abu dan lahar. Daun kelapa berguguran karena tak kuat menyangga beban.

Gunung Galunggung di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, meletus tiada henti. Abunya tertiup jauh, menghujani Bandung yang jaraknya 100 km dari pusat letusan. Gunung yang berjarak sekitar 17 km dari Kota Tasikmalaya itu mencakup kawasan seluas 275 km2

Sejak 5 April 1982 hingga Januari 1983, Pusat Vulkanologi (1983) mencatat jumlah letusan sebanyak 61 kali. Dentuman bergemuruh dengan kilatan-kilatan api, dan bumbungan asap tebal ke udara, telah memaksa masyarakat di kaki gunung ini untuk segera meninggalkan perkampungan yang sangat dicintainya. 

_______________________________________________________________________

BACA JUGA: Berburu Api Biru di Kawah Gunung Ijen

_______________________________________________________________________

Beruntung, ketika terjadi letusan tanggal 8 April yang meluncurkan awan panas, perkampungan yang hangus tersapu guguran membara itu sudah ditinggalkan warganya. Tidak ada satu pun korban jiwa.

Daya luncur awan panas mencapai 160 km/jam, dengan suhu antara 5500 hingga 9500 C. Belantara dengan seketika hangus terbakar. Pohon meng-arang, terutama di bagian yang menghadap ke arah sumber luncuran. Ranting-ranting patah terbakar, meruncing ke arah datangnya awan panas. Botol dan kaca meleleh.

Hutan yang terbakar menyisakan lautan pasir yang gosong, yang bagian atasnya dilapisi ladu, endapan awan panas yang terdiri dari abu halus, pasir, lapili hingga ukuran kerikil dengan warna putih kecoklatan. Luncuran guguran membara 25 April di lembah Ci Kunir, telah mengubur pemandian Cipanas, tempat terakhir dari luncuran itu.

Menurut Katili dan Sudradjat (1984), letusan Gunung Galunggung itu menyebabkan dilakukan evakuasi masyarakat sebanyak 35.000 orang. 94.000 ha lahan pertanian terkena dampaknya. Nilai total kerusakan fisik. Untungnya tidak ada korban jiwa yang secara langsung disebabkan oleh letusan.

_______________________________________________________________________

BACA JUGA: Mendaki Lapis demi Lapis Letusan Gunung Gede

_______________________________________________________________________

Pengaruh abu gunungapi terhadap penerbangan, dapat dirasakan oleh Pesawat British Airways, nomor penerbangan 9, dengan pilot Kapten Eric Moody. Tanggal 24 Juni 1982, pesawat itu terbang dari Inggris menuju Australia.

Moody tidak mengetahui sedang terjadi letusan Gunung Galunggung, sehingga pesawat jet Boeing 747-200 yang membawa 263 penumpang itu menembus kepulan asap abu di ketinggian 11.000 meter. Akibatnya keempat mesin pesawatnya tiba-tiba mati.

Para penumpang akhirnya lega, di ketinggian 13.000 kaki, tiga mesin pesawat kembali berfungsi, lalu pesawat mendarat darurat di Jakarta dengan susah-payah karena pilot tidak bisa melihat keadaan di luar.

Halaman:  12

BAGIKAN

BERI KOMENTAR