Jumat, 3 Juli 2020
News & Nature

Menteri LHK Kunjungi OWA Jurang Jero

Selasa, 11 Februari 2020

Tinjau kandang habituasi elang Jawa

siti_6.jpg
KLHK
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar beserta Wakil Menteri LHK, Alue Dohong melakukan kunjungan kerja ke wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Senin (10/2/2020)

Magelang -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar beserta Wakil Menteri LHK, Alue Dohong melakukan kunjungan kerja ke wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Senin (10/2/2020). Salah satu tujuannya adalah Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).  

Di TNGM, rombongan mengunjungi kawasan Obyek Wisata Alam (OWA) Jurang Jero, Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Srumbung, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Magelang – Sleman. Dalam kesempatan tersebut, rombongan didampingi Dirjen KSDAE, Plt. Dirjen BPDASHL, Prof Suratman Woro (Guru Besar Fakultas Geografi UGM), serta para pimpinan UPT KLHK lingkup DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.  Hadir juga jajaran pimpinan daerah Kabupaten Magelang, Kecamatan Srumbung, serta kepala desa sekitar OWA Jurang Jero. 

Baca Juga: Area Bekas Kebakaran Hutan di TNGM Dihijaukan Lagi

Dalam kunjungan tersebut, Menteri LHK dan rombongan meninjau lokasi kandang habituasi elang Jawa (Nisaetus bartelsii), dan mengecek kondisi dua ekor elang Jawa yang dibawa dari Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK), Garut, Jawa Barat.  Kepala PKEK, Zaini Rakhman serta drh  Dian Tresno Wikanti, memaparkan kondisi kesehatan dan kemungkinan pelepasliarannya.  

Selanjutnya, Menteri LHK menyempatkan bertemu Kelompok Wisata Taman Jurang Jero.  Sebagai informasi, kelompok masyarakat tersebut semula mengandalkan hidup dari menambang pasir secara turun menurun. Namun kemudian sebagian masyarakat beralih ke pengembangan wisata, melakukan pembibitan dan kegiatan-kegiatan lain yang mendukung kegiatan konservasi.  

Kelompok masyarakat dan masyarakat sekitar berharap wisata Jurang Jero dapat kembali populer seperti era 1990 silam.  Setelah itu, Menteri KLHK dan rombongan juga meninjau kondisi Kali Putih, yang terletak tidak jauh dari Jurang Jero.  


 



BAGIKAN

BERI KOMENTAR