Rabu, 27 Oktober 2021
News & Nature

Menyusuri Jejak Sang Penjaga Arwah...

Selasa, 23 Maret 2021

Burung garugiwa atau kancilan flores ini juga cukup unik karena memiliki kurang lebih 15 jenis suara kicauan.

5da4043b-ebc0-452b-a224-5058669eb65f.jpg
TN Kelimutu

Garugiwa atau  Kancilan Flores satwa ikon di logo Taman Nasional Kelimutu, merupakan burung yang menurut kepercayaan masyarakat suku Lio merupakan  burung penjaga arwah Danau Kelimutu. Masyarakat dilarang untuk membunuh burung ini karena dipercaya akan mendapat musibah atau kecelakaan.  

Sosok burung arwah juga misterius karena ukurannya yang kecil dan jarang terlihat dengan kasat mata.  Banyak Pengunjung ke Taman Nasional Kelimutu semakin penasaran dengan keberadaannya.


 

BACA JUGA: Satu Jam Istimewa Bersama Elang Jawa Langka

 


Suara kicauan burung arwah  hanya bisa dinikmati dari jam 06.00-10.00 pagi, suara  Burung arwah juga cukup unik karena memiliki kurang lebih 15 jenis suara kicauan.

Dalam upaya menjaga spesies burung langgka ini agar tetap lestari, dilakukan Kegiatan Survey Populasi dan Persebaran Garugiwa atau Kancilan Flores di Kawasan Taman Nasional Kelimutu  yang dilakukan pada 15 hingga 21 Maret 2021. 

Kegiatan ini berutjuan memperbarui data dugaan ukuran populasi burung Garugiwa atau  Kancilan Flores beserta persebarannya di dalam Kawasan Taman Nasional Kelimutu. Data ini menjadi penting dalam mendukung upaya pengelolaan kawasan konservasi dan meningkatkan nilai konservasi Kawasan TN Kelimutu.*




BAGIKAN

BERI KOMENTAR