Rabu, 19 Januari 2022
News & Nature

Anak Gajah Lahir di Barumun Nagari

Jumat, 20 Juli 2018

Menambah populasi gajah

gajah_4.jpg
ksdae.menlhk.go.id
Nagari Wildlife Sanctuary

Barumun -- Berita menggembirakan datang dari Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS) di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara. Kabar itu tentang kelahiran satu individu gajah dari induk yang bernama Carry.  Anak gajah berkelamin jantan dengan berat badan 117  kg, lingkar dada 116 cm, tinggi 87 cm lahir pada Selasa (17/7/2018), sekitar pukul 20.30 WIB. Ini merupakan anak kedua dari gajah Carry. 

Carry adalah gajah jinak berusia 35 tahun yang berasal dari Palembang dan ditempatkan di Pusat Latihan Gajah (PLG)  Holiday Resort, Aek Raso, Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Baru pada bulan Mei 2015 resmi pindah ke Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS).

Baa Juga: TNBBS Bantu Cari Solusi Konflik Gajah dan Manusia

Kondisi anak gajah sehat dan belum bisa menyusui pada induknya karena belum terjangkau anak gajah. Saat  ini mahout memberikan susu yang diperas dari induknya dengan memakai dot. Untuk menambah kebutuhan anak gajah diberikan tambahan susu formula. Anak gajah juga dilatih untuk bisa menyusui dari induknya dengan cara menaikkan pada papan yang dibuat agak tinggi.

Pemantauan anak gajah dilakukan selama 24 jam oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara dan Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS) serta didampingi oleh drh. Anhar dari Vesswic sampai anak gajah mampu menyusu langsung pada induknya dan dinyatakan kondisinya dalam keadaan sehat dan stabil.

Baca Juga: Polisi Tangkap Pembunuh Gajah Bunta

Peristiwa kelahiran gajah kali ini menambah populasi gajah di Barumun Nagari Wildlife Sanctuary  (BNWS) yang semula 13 ekor menjadi 14 ekor. Kelahiran anak gajah sebelumnya adalah Fitri dari induk Dini  pada tanggal 16 Juni 2018 lalu.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR