Sabtu, 16 Januari 2021
News & Nature

FORPRO Gelar Alih Teknologi Arang Terpadu

Senin, 23 November 2020

Dukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional di Lahan Gambut

e4708801-30f1-49b1-a495-a8d12c7d3cf2.jpg

PULANG PISAU -- Sebagai upaya meningkatkan kemanfaatan Iptek hasil litbang sekaligus mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH) atau yang dikenal dengan brand FORPRO menggelar kegiatan Alih Teknologi Arang Terpadu di halaman Balai Desa Garung, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Rabu (18/11/2020) dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Alih teknologi diikuti oleh 40 peserta dari Desa Garung dan Desa Gohong, yaitu masyarakat sehari-hari melakukan kegiatan budidaya dan bercocok tanam, serta dihadiri segenap pemangku kepentingan Kabupaten Pulang Pisau.


 

BACA JUGA: Kayu Geronggang, Sumber Serat di Lahan Gambut

 


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala P3HH, Dr. Wening Sri Wulandari menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk melakukan transfer iptek arang terpadu kepada masyarakat, agar masyarakat dapat mengimplementasikan di lapangan. “Kegiatan alih teknologi merupakan salah satu upaya yang kami tempuh untuk mengoptimalkan manfaat iptek hasil penelitian untuk masyarakat, terutama dalam upaya pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi COVID-19” katanya saat membuka acara.

Implementasi arang terpadu dalam pengembangan sistem budidaya gambut oleh masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan sumber pendapatan alternatif, yang dilaksanakan oleh FORPRO merupakan aksi nyata kontribusi Iptek mendukung program PEN. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat memetik manfaat optimal dan dapat memperoleh peningkatan pendapatan, alternatif sumber pangan, peningkatan kesempatan kerja, sekaligus peluang usaha.

Halaman berikutnya: Aplikasi secara berkelanjutan...

Halaman:  12

BAGIKAN

BERI KOMENTAR