Jumat, 23 Juli 2021
News & Nature

Tata Kelola Keuangan Terbaik BP2TSTH Kuok

Senin, 5 April 2021

Pengeluaran belanja negara harus lebih terfokus pada dampak yang akan dirasakan oleh masyarakat

296242e2-5537-4ae1-b011-e427a902083c.jpg
Dok. BP2TSTH Kuok

Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH Kuok) meraih penghargaan Terbaik Pertama Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) pada tahun 2020. Penghargaan ini merupakan apresiasi yang diberikan kepada pimpinan dan satuan kerja yang memiliki kinerja terbaik dalam pelaksanaan tata kelola keuangan. 

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)  Tipe A1 Pekanbaru kepada Kepala BP2TSTH Kuok, Priyo Kusumedi, S.Hut, MP di Aula KPPN Tipe A1 Pekanbaru. Selama rangkaian acara tersebut, kegiatan berlangsung lancar, tertib dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Penghargaan ini merupakan hasil dari sinergi seluruh tim BP2TSTH Kuok yang luar biasa. Terima kasih atas kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja tuntas dan kerjasamanya yang solid,” ujar Priyo, Senin (5/4/2021).


 

BACA JUGA: Hasil Riset Kuok Dukung Program Ketahanan Pangan

 


“Hasil ini merupakan buah dari komunikasi dan monev periodik yang dilaksanakan oleh seluruh Tim Pengelola Anggaran BP2TSTH Kuok yang selalu menerapkan budaya kerja disiplin, tanggung jawab, profesional dan kerjasama yang solid,” lanjut Priyo

Pada kesempatan tersebut, Kepala KPPN Tipe A1 Pekanbaru, Khairil Indra meyampaikan apresiasi kepada para pimpinan satuan kerja dan pejabat pengelolaan anggaran negara atas kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2020.

Khairil Indra menjelaskan beberapa indikator yang digunakan dalam penilaian penghargaan yaitu kesesuaian perencanaan terhadap pelaksanaan anggaran, efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan serta kepatuhan terhadap regulasi. 

“Substansi pengelolaan keuangan itu adalah setiap rupiah yang dikeluarkan oleh negara harus dapat dipertanggungjawabkan. Bukan sekedar output-nya saja, tetapi harus lebih dari itu yaitu outcome. Dampak apa yang akan dirasakan oleh masyarakat atas pengeluaran belanja negara tersebut,” papar Khairil.

Selain penghargaan di atas, pada tahun 2021 ini BP2TSTH Kuok juga meraih penghargaan Terbaik Pertama Kualitas dan Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Masa dari KPP Pratama Bangkinang. Pada tahun sebelumnya BP2TSTH Kuok juga meraih beberapa penghargaan antara lain,  terbaik pertama Laporan Keuangan (LK) Tingkat UAKPA Tahun 2019, terbaik pertama Kualitas dan Kepatuhan Penyampaian LPJ Bendahara Tahun 2019, Duta Perbendaharaan KPPN Pekanbaru, dan terbaik pertama Kualitas dan Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Masa 2019 dari KPP Pratama Bangkinang. 

Pada akhir tahun 2020, BP2TSTH Kuok juga mendapatkan penghargaan sebagai Unit Kerja Pelayanan Berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang diserahkan simbolis secara virtual oleh Menteri  PAN-RB, Tjahjo Kumolo.

Menanggapi perolehan penghargaan yang diraih tersebut, apresiasi juga disampaikan oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi KLHK, Dr. Ir. Agus Justianto, M.Sc menyampaikan apresiasinya. “Selamat kepada Kepala BP2TSTH Kuok dan jajaran atas prestasi yang diraih, semoga menjadi teladan satker Badan Litbang dan Inovasi lain untuk lebih meningkatkan kinerja” ujarnya. (FDN)*



BAGIKAN

BERI KOMENTAR