Senin, 19 April 2021
News & Nature

"Revolusi" Bermula dari Toilet

Selasa, 2 Maret 2021

Upaya yang dilakukan oleh Balai TN Kelimutu ini juga merupakan upaya dalam penerapan CHSE terutama aspek kebersihan. 

7158f049-5a7f-4d82-8062-82db4eb76670.jpg
Dok. TN Kelimutu

ISU kebersihan toilet di tempat wisata saat ini tengah hangat, terutama di wilayah Destinasi Wisata Super Prioritas yang memang diupayakan menjadi destinasi berkualitas bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Dalam hal ini toilet merupakan sarana pendukung wisata, namun memiliki peranan indikator yang sangat penting dalam kualitas suatu tempat wisata. 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menekankan pentingnya kebersihan sarana toilet di kawasan wisata alam. Selain itu dalam beberapa kesempatan beberapa pejabat lain  terkait pariwisata juga memberikan arahan utk kebersihan toilet ini, seperti Meparekraf yang menyatakan bahwa "Revolusi Pariwisata Bermula dari Toilet", Gubernur NTT maupun Menkomarivest mengarahkan bahwa toilet wisata harus berkualitas yang diupayakan bisa seperti hotel dan mal.

Pihak pengelola Taman Nasional Kelimutu telah lama menyadari hal ini, sehingga telah melakukan renovasi toilet di areal wisata TN Kelimutu untuk memberikan kebersihan dan kenyamanan kepada pengunjung dalam berwisata. Upaya yang dilakukan oleh Balai TN Kelimutu ini juga merupakan upaya dalam penerapan CHSE terutama aspek kebersihan. 


 

BACA JUGA: Pemandangan Indah dari Rest Area Detusoko

 


Saat ini toilet di areal wisata TN Kelimutu telah selesai direnovasi, selain terkesan bersih dan sehat, toilet sekarang ini juga ramah energi dan lingkungan karena banyak memanfaatkan cahaya luar dengan bagian atap yang tembus cahaya dan jendela luas yang juga memberikan pemandangan dan pertukaran udara. 

Dengan kondisi ini diharapkan para pengunjung akan lebih nyaman dalam berwisata. Selain itu kami para pengunjung diharapkan ikut menjaga kebersihan baik toilet maupun areal wisata yang ada di sekelilingnya.  Dengan kesadaran bersama, wisata yang berkualitas di Kelimutu yang telah memperoleh sertifikat CHSE oleh Kementerian Parekraf ini dapat terwujud dan terus ditingkatkan. 


 

BACA JUGA: Edelweis Kelimutu, Budidaya Cinta Abadi

 


Selain itu, pihak TN Kelimutu juga mengimbau para pengunjung untuk memperhatikan dan melaksanakan aturan wisata New Normal Kelimutu dengan melakukan booking online sebelum berkunjung dan melaksanakan protokol kesehatan dalam kunjungan.*



BAGIKAN

BERI KOMENTAR