Kamis, 25 Februari 2021
News & Nature

Pemandangan Indah dari Rest Area Detusoko

Jumat, 22 Januari 2021

Bisa menjadi pusat informasi untuk pengembangan obyek wisata yang ada di sekitar kawasan penyangga Kelimutu

9ad3fb0f-d37d-43a0-82fe-7340a378e79e.jpg

Hamparan persawahan menjadi pemandangan yang menyejukkan mata dari rest area Cafe Lepa Lio di Desa Detusoko Barat, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende Barat yang Rabu (20/1/2021) diresmikan. Cafe ini merupakan bantuan pemberdayaan masyarakat Taman Nasional Kelimutu tahun 2020 kepada Kelompok Remaja Mandiri Community (RMC Detusoko). 

Kepala Balai TN Kelimutu Agus Sitepu mengatakan  dengan dibukanya cafe Lepa Lio ini  direncanakan sudah sejak lama sebagai fasilitas penunjang wisata di jalur lintas Ende-Kelimutu. Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab Ende, Camat Detusoko, Kepala Desa Detusoko Barat dan Lurah Detusoko. 


 

BACA JUGA: Pemberdayaan Masyarakat melalui Pemancingan

 


"Diharapkan agar kedepannya Kafe Lepa Lio bisa menjadi pusat informasi untuk pengembangan obyek wisata yang ada di sekitar kawasan penyangga Kelimutu dan juga kelompok RMC Detusoko makin eksis dengan menjual produk- produk lokal sekitar," kata Agus. 

Dalam kesempatan yang sama Ketua kelompok RMC Detusoko dan Kepala Desa Detusoko Barat menyampaikan ucapan terimah kasih kepada Balai TN Kelimutu yang sudah mendukung pembangunan cafe Lepa Lio melalui program pemberdayaan.

Lokasi cafe ini berada di Desa Detusoko Barat, dengan suguhan pemandangan sawah dan pegunungan yang indah, cafe ini bisa dijadikan salah satu tempat untuk berisitirahat sejenak. Menikmati hijaunya alam sambil menyeruput secangkir kopi atau teh hangat.*



BAGIKAN

BERI KOMENTAR