Selasa, 29 September 2020
News & Nature

Cyber Patrol Gakkum KLHK Ungkap Penjual Cula Badak

Selasa, 15 September 2020

Pelaku mengaku menawarkan cula badak tersebut dengan harga Rp 150 juta.

img-20200914-wa00081.jpg
Gakkum KLHK

PENELUSURAN tim Cyber Patrol Direktorat Jenderal Penegakkan Hukum (Ditjen Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengungkap perdagangan bagian satwa liar dilindungi, cula badak dan pipa rokok gading gajah. Pelaku mengaku menawarkan cula badak tersebut dengan harga Rp 150.000.000,-.

Operasi Gakkum ini dilakukan di dua tempat yaitu di Sukoharjo dan Kota Surakarta (Solo), Jawa Tengah pada Minggu (13/9/2020). "Kami melakukan penelusuran sejak September 2019 terhadap akun facebook TS yang telah memposting perdagangan bagian-bagian satwa yang dilindungi berupa cula badak," Direktur Pencegahan dan Pengaman Hutan (PPH), Sustyo Iriyono.

_________________________________________________________________________

BACA JUGA: Koleksi yang Melawan Hukum dan Merusak Kelestarian

_________________________________________________________________________

Dari operasi di lapangan, Tim Gakkum KLHK yang didukung Polres Sukoharjo dan Polresta Surakarta, berhasil mengamankan barang bukti diduga Cula Badak 1 buah dan 5 orang pelaku di Sukoharjo. Para pelaku tersebut dengan inisial adalah TS (39 Th), ASG (59 Th), AS (41 Th), SS (57 Th), dan LGN (24 Th). 

Kemudian, Tim melakukan pengembangan, dan mengamankan pelaku MS (52 Th) selaku pemilik Kios TP Pusat Batu Permata Solo, serta barang bukti berupa 1 buah cula badak dan 16 buah pipa rokok yang diduga berasal dari gading gajah Sumatera. Tim Operasi mengamankan pelaku dan barang bukti ke Polres Sukoharjo, serta melakukan pemeriksaan terhadap 6 pelaku.

Halaman selanjutnya: Uji forensik...

Halaman:  12

BAGIKAN

BERI KOMENTAR